Minggu, 05 Januari 2014

Manfaat Pemberian ASI Bagi Bayi Dan Ibu



Siapa bilang ASI hanya untuk bayi ? Simak manfaat pemberian ASI berikut :
  • Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama mempererat hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi; mempererat ikatan emosional antara ibu dan bayi, dan memberikan ibu waktu yang teratur untuk bersantai dengan si kecil. Tentu sangat baik bagi perkembangan si kecil, juga bermanfaat bagi kesehatan ibu.
  • Aktivitas menyusui memicu pelepasan hormon oksitosin yang membantu kontraksi rahim ibu setelah melahirkan, sehingga pendarahan pasca persalinan akan berkurang. Disamping itu sejumlah penelitian pada hewan dan manusia telah menemukan bahwa oksitosin meningkatkan relaksasi, sehingga tingkat stres dan risiko depresi pasca melahirkan / depresi post partum akan turun (ibu merasa santai dan nyaman).
  • Dengan pemberian ASI, maka ibu tak perlu repot melakukan sterilisasi dot atau botol susu untuk si kecil serta menghemat biaya.
  • Dengan menyusui akan membakar kalori ekstra, sehingga dapat membantu ibu menurunkan berat badan lebih cepat setelah persalinan, terutama pada bulan pertama kelahiran si kecil.
  • Menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium bagi ibu.
  • Menyusui dapat menurunkan risiko osteoporosis.

1 komentar:

  1. Breastfeeding is something that brings ease to mom and baby by the grace of Allah. When it doesn't work by the ill of Allah it hurts the mother s much but Allah bonds the mother and bay all the same. I am thankful I nursed all my children mashallah.
    Lovely blog sister. Come visit me on: http://dedicatedsanaa.blogspot.co.uk/

    BalasHapus